Sunday 30 July 2017

Novel terbaru .... one of my fav of all time

hi there ..... ^0^

Alhamdulillah, light novel pertama udah kelar diterjemahin, hanya tujuh chapter, baguslah buat pemanasan. Web novel kebanyakan panjang panjang, bahkan ada yg ribuan chapter, oh My God so long yah, klo model chapternya pendek-pendek masih enak, sehari bisa 300an chapter bacanya, tp klo ribuan bisa-bisa ga sempat cari duit buat makan sehari-hari ahahahhahahah *aku klo sudah baca n ceritanya bagus, ampun dah, ga inget makan, ga inget tidur, ga inget kerja, klo perlu urusan kamar mandi juga ditunda, parah ya -_-" I am freakin* addicted to read

Nah, banyak sebenarnya judul yang udah aku baca, sebagian complete diterjemahin para blogger ke bahasa Inggris, sebagian lagi masih ongoing. Salut banget sama para translator-translator diluar sana, kerjaannya cuma nerjemahin, klo dipikir-pikir duitnya banyak kah? hahahha, soale rerata sih klo baca mereka tu punya kerjaan utama, jadi nerjemahin cuma hobby, sama kayak gue heleh hahahahh

seperti sekarang ini, aku juga tiap hari saban malem sebelum tidur, check dah itu novel-novel yang sedang ongoing, so far ada sekitar 5-6 novel ongoing yang aku ikuti, chapternya bervariasi ada yg sudah masuk chapter 400 sekian dan ada yang masih masuk chapter 60-an, dan ga tau mau berapa chapter soale di negeri asalnya sono, itu novel masih juga ongoing, jadi bukan Inggrisnya saja yang ongoing hahahhaha....klo diturutkan sih, rasanya aku mau nerjemahin semuanya, tapi alahmaaaak, 24 jam sehari ga bakal cukup, soalnya "pekerjaan utama" buat "makan" masih harus jadi priority ☺

well, novel yang jadi pilihan aku kali ini sudah complete, ada 50 chapter, klo mau baca Inggrisnya sudah bisa langsung cuss ke lamannya www.koalaplayground.com, disitu sudah ready to read lah. jujur aku tuh udah lama liat ni novelnya, cuma pas baca chapter pertama, ampuuuuun sepertinya karena banyak nama kota, nama kerajaan, nama orang yang ribet buat diinget awalnya males, too complicated menurut aku, jadi simpen aja dulu, kapan-kapan klo ada waktu baca ya dibaca. nah, pas ketika udah ga ada lagi bacaan yang perlu dibabat hehe, aku mulai baca, enduring lah pas baca nama-nama yang sulit diinget, gile ternyata novel ini bagus banget, karakter tokohnya keren-keren, female leadnya bukan tipe mewek-mewek ga jelas, sebenarnya aku tuh suka baca novel dari negeri Cina ini karena penokohan utama wanitanya rerata perempuan-perempuan tangguh, meski kadang suka ga masuk akal sih ahahhaha, tapi ini kan fiksi yah, jadi terserahlah sama authornya mau bikin tokoh utamanya kayak gimana juga, pasrah kita mah sebagai pembaca. back to the novel, pengarangnya Tonghua, klo mau tau biografinya buka aja di wikipedia deh, karya-karya beliau memang bagus-bagus, so far aku udah baca tiga novelnya, Da Mo Yao (ini udah ada serial televisinya judulnya Ballad of the Desert), klo saja serial televisinya belum rilis aku pasti juga nerjemahin novel ini, tapi karena dah ditelevisikan sepertinya tunda dulu, karena temen-temen mungkin lebih suka untuk nonton langsung ya kan hahahha, yang berikutnya karya Tonghua yang udah aku baca itu Yun Zhong Ge (Song in the Cloud) ini juga udah ada serial televisinya dengan judul yang sama, yang main Angela baby ohhhh I love angela baby sejak dia main di serial General and I. tp ketimbang nonton serialnya, Yun Zhong Ge ini enakan baca deh, karena feelsnya lebih dapet, aih aku nangis membombay deh bacanya, baca novelnya bikin hati sesak banget, pediiiiiiiiihhhh, tapi biar perih namun kisahnya indah, hla gimana itu ya bisa indah tapi perih, haissshhh salahkan authornya bikin cerita koq bikin hati mewek mendayu-dayu.

nah novel Tonghua yang paling aku suka judulnya Chang Xiang Si (Lost You Forever), biar ceritanya agak sedih tapi masih happy ending-lah, karena kita juga kan ga suka klo dah baca panjang-panjang ujung-ujungnya malah mewek karena endingnya sedih (khas novel Tonghua memang bikin hati merana pedih terluka hah lebaaaayyyy), namun ni cerita Happy Ending (HE) tergantung kamu suka tokoh pria utama yang mana, karena dalam cerita ini cuma ada satu tokoh utama wanita dan tiga tokoh utama pria, ya tiga, bener ada tiga, so prepare your heart to bleed. thanks God aku tuh ga patah hati hahahahhaha, sejak awal aku udah condong ke salah satunya dan bener tokoh pilihan aku yang jadian sama tokoh utama wanitanya, so the story ended up HE for me hahahhah, bagi mereka yang kurang beruntung well, mo gimana lagi, prepare your box of tissue laa ^_^
well, sebenernya aku suka semua tokoh utama prianya, susah banget mau milih yang mana, beneran, klo ga yakin baca deh. Namun ga mau bongkar banyak-banyak disini, ntar malah spoiler hehehhehe. yang jelas, ini salah satu novel terfavorit aku (only heaven knows how many novel that I love), tapi beneran bagus deh, ga nyesel bacanya, berkali-kali juga. begitupun, biar cuma 50 chapter, namun satu chapternya itu ya bisa 15-20 lembar-an lo, nerjemahinnya ampuuuuuun deh, lama, klo baca mah sekejap. jadi mohon bersabar ya, ni translatornya kadang moody, kadang ada kerjaan, macem-macemlah. well, I am trying to get committed, Bismillah deh, moga-moga banyak yang baca n ngikutin biar nerjemahinnya semangat. fighting!!!!















No comments:

Post a Comment

Death Exist Not at the River of Oblivion - Chapter 10

Chapter 10: Sulit sekali mencintaimu di kehidupan kali ini Aku tak melihat sosok Zhonghua lagi sejak hari itu. Kelihatannya dia benar-be...